Chelsea, Arsenal dan MU Rebut Peluang Tiket Liga Champions


SamsungBola – Dua pertandingan sisa Liga Primer sangat menentukan nasib Chelsea, Arsenal dan Manchester United (MU) dalam perburuan empat besar tabel klasemen. Ketiga tim tersebut saling intip peluang merebut tiket Liga Champions, musim depan.
Persaingan begitu sengit lantaran jarak antara tim berdekatan. Chelsea yang menempati posisi keempat degan 68 poin tidak bisa duduk dengan nyaman karena dibayangi oleh Arsenal (66 poin) dan MU (65 poin).

Itu artinya, apapun hasil pertandingan bisa menguntungkan atau merugikan tim tertentu. MU misalnya, pelatih Ole Gunnar Solksjaer mengatakan jika gagal melaju ke Liga Champions musim depan, The Red Devils bukan hanya kehilangan pemasukan finansial, tetapi juga ancaman eksodus beberapa pemain utamanya.

Seperti diketahui, Paul Pogba santer merapat ke Real Madrid, Romelu Lukaku ke Inter Milan, Ander Herrera didekati Paris Saint Germain (PSG) hingga Marcus Rashford dan Juan Mata yang diminati Barcelona. “Dalam perencanaan jangka panjang kita harus berpikir tentang berada di Liga Champions tahun depan dan kemungkinan terburuk kami tidak lolos,” kata Solksjaer.

Kendati demikian, Solksjaer mengungkapkan bahwa apapun bisa terjadi dan sebagian besar skuad sangat loyal dan ingin memperkuat MU agar kembali ke level permainan terbaik, musim depan. Juru taktik asal Norwegia itu yakin The Red Devils masih diperhitungkan pemain-pemain top dunia.

“Anda akan terkejut betapa banyak agen pemain telah memberi tahu kami bahwa para pemain mereka akan senang menjadi bagian dari Manchester United di masa depan. Itulah daya pikat dan potensi serta ukuran klub, dan kami akan kembali ke hari-hari baik,” sambungnya

Alih-alih memikirkan musim depan, Solksjaer memilih berkonsentrasi menyelesaikan musim ini dengan baik sembari menjaga kans finish di empat besar, terutama saat bertandang ke John Smith’s Stadium, markas penghuni dasar klasemen, Huddersfield Town, nanti malam. Pasalnya, Di antara ketiga tim, peluang MU terbilang kecil. Poin maksimal yang bisa diraih mereka di dua pertandingan adalah 71.

Sedangkan poin maksimal Chelsea (74 poin) dan Arsenal (72 poin).
MU bertekad menyudahi rentetan hasil buruk mereka yang tidak mampu meraih kemenangan di tiga pertandingan terakhir Liga Primer (satu imbang, dua kalah). Permasalahannya adalah Solskjaer dipastikan tidak diperkuat Eric Bailly yang cedera lutut hingga akhir musim.


Kondisi Chris Smalling, Phil Jones, Jesse Lingard hingga Romelu Lukaku juga meragukan. Karenanya, Solksjaer mengindikasikan akan memberikan kesempatan kepada pemain mudanya tampil di dua pertandingan terakhir, salah satunya Mason Greenwood. Situasi semakin pelik karena rekor buruk di pertandingan akhir tandang Liga Primer. Tercatat, dari enam pertandingan, Ashley Young dkk mengemas lima imbang dan satu kekalahan.

Bukan hanya MU, periode negatif tengah merundung dua rivalnya Chelsea dan Arsenal. The Blues menuai tiga hasil imbang di tiga pertandingan terakhir semua kompetisi, dua diantaranya terjadi di Liga Primer. Kesalahan serupa jelas tidak boleh terjadi saat Cesar Azpilicueta dkk menjamu Watford di Stamford Bridge, nanti malam. Kemenangan wajib dikantongi Chelsea guna mengamankan posisi di empat besar sembari berharap MU dan Arsenal tumbang oleh lawan masing-masing.

Chelsea juga masih berpeluang menggeser Tottenham Hotspur yang saat ini berada di peringkat ketiga dengan 70 poin. Menyadari pentingnya pertandingan tersebut, pelatih Maurizio Sarri mengindikasikan akan melakukan beberapa perubahan dalam komposisi pemain termasuk kembali menurunkan Eden Hazard sebagai starter setelah dibangku cadangkan ketika menghadapi Eintracht Frankfurt di leg pertama semifinal Liga Europa, Jumat (3/5).

“ Ini pertandingan yang berbahaya, tentu saja. Setelah 62 jam, setiap lawan akan berbahaya. Itu tidak mudah. Di Inggris setiap pertandingan adalah pertempuran, dan Anda berisiko membayar untuk itu. Kami menghabiskan energi fisik dan mental melawan Frankfurt. Kami memiliki empat besar di tangan kami, tetapi kami harus memenangkan pertandingan terakhir,” papar Sarri

Sementara itu, performa kontras ditunjukkan Arsenal. Berpeluang melaju ke final Liga Europa usai melibas Valencia 3-1 di leg pertama semifinal, Jumat (3/5), The Gunners justru melempem di Liga Primer dengan menelan tiga kekalahan di pertandingan terakhir. Kendati demikian, pelatih Unai Emery enggan panik. Meski mengakui kans timnya ke Liga Champions tergantung hasil tim lainnya, Dia menegaskan Arsenal akan melakukan segala upaya untuk menyelesaikan musim ini di empat besar.

Emery mengindikasikan timnya berpikir positif demi meraih kemenangan saat melawan Brighton & Hoves Albion, Minggu (5/5) demi memberikan kado perpisahan spesial bagi Petc Cech yang akan pensiun dan Aaron Ramsey yang memutuskan bergabung ke Juventus, musim depan.

“Ini adalah pertandingan kandang terakhir kami musim ini. Ini juga menjadi pertandingan terakhir kami bersama Cech dan Ramsey. Kami ingin menyelesaikannya dengan kemenangan. Jika menang atas Brighton, kami akan bersemangat menghadapi Burnley untuk membuka peluang keempat besar,” tandasnya


Related posts

Leave a Comment